Sinopsis Kandang Ternak



SINOPSIS
       Kandang adalah suatu bangunan yang dibangun menurut desain dan kontruksi yang benar, semua persyaratan bangunan tersebut memenuhi standar untuk kehidupan ternak. Dalam membangun kandang harus sesuai dengan kondisi alam yang ada., sesuai dengan jenis dan karakteristik ternak. Kandang merupakan salah satu sarana yang penting didalam usaha peternakan, dengan tersedianya kandang maka dapat mempermudah peternak didalam mengelola usahanya. Penyediaan kandang yang baik dan memenuhi persyaratan teknis, kesehatan serta aspek ekonomi merupakan awal keberhasilan dalam berusaha.
            Kandang sebagai tempat tinggal sapi sepanjang waktu harus diperhatikan oleh peternak. Di dalam hal ini, peternak harus sadar bahwa kehidupan ternak sepenuhnya berada di bawah pengawasan manusia. Dan segala kebutuhan hidup merekapun di bawah pengaturan dan tanggungjawab peternak itu sendiri, sehingga perlindungan terhadap lingkungan yang mereka hadapi seperti terik matahari, hujan, angin kencang yang menimpa ternak menjadi pemikiran peternak. Oleh karena itu, bangunan kandang sebagai salah satu faktor lingkungan hidup ternak harus bisa memberikan jaminan hidup yang sehat dan nyaman sesuai dengan tuntutan hidup ternak.
            Kandang yang bangun harus bisa menunjang peternak, baik dalam segi ekonomis maupun segi kemudahan dalam pelayanan. Dengan demikian diharapkan bahwa dengan adanya bangunan kandang sapi tidak berkeliaran dan kotorannya pun bisa dimanfaatkan
Manfaat Kandang:
-       Memberi rasa aman dan nyaman
-       Tempat untuk istirahat dan tempat berproduksi
-       Memberikan kehangatan
-       Memudahkan peternak dalam mengontrol atau pengawasan
-       Efiensi tenaga kerja
-       Kesehatan dan keberadaan ternak dapat terjamin
-       Tidak akan merusak tanaman disekitar lokasi
-       Mempermudah mengumpulkan kotoran.
Ukuran kandang masing-masing ternak berbeda-beda yakni sapi potong lokal 210 x 145 cm per ekor, sapi import 210 x 150 cm dan yang paling penting disesuaikan dengan besar kecilnya tubuh sapi. Untuk tipe kandang ada 2 tipe, yakni tipe tunggal dan tipe ganda.

Komentar